Sabtu, 25 April 2009

Auf Geht, Yoann!!!

Assalamu'alaikum....

Ada yang saya suka banget dari diri saya. Meskipun saya cepet banget down dan terkenal dengan sifat terasanya, tapi saya juga ternyata cepet banget untuk bangkit lagi. Hal itu baru saya sadari beberapa saat lalu.

Hmm, saya ingin banget jadi dokter. Tulus! Saya bener2 mau mengabdikan diri ini buat jadi seorang healer (dengan perantara Allah tentunya..). Dan sperti yang temen2 tau, kuliah di kedokteran itu susahnya bukan main, khususnya pas tes masuk. Passing gradenya gede banget. Yang bikin saya bingung, ada banyak yang bilang bahwa dokter itu udah banyak, tapi tetep aja FK menjadi fakultas favorit di semua universitas di negeri ini, disamping fakultas teknik. Banyak banget yang minat kuliah di tempat ini.

Seperti contohnya aja pas SIMAK UI tanggal 1 Maret kemaren. Pendaftar seleksi ini kalo saya ga salah denger lebih dari 120 ribu jiwa. Jumlah yang bener2 fantastis, kawan! Dan saya berani bilang bahwa hampir separuh para pendaftar itu memilih FK di pilihan pertama mereka, padahal, daya tampung fakultas ini di UI hanya sekitar 70 orang. Bahkan, di sekolah saya, kalo saya ketemu temen yang saya tahu dia mau ikut SIMAK, pas saya tanya mau ngambil jurusan apa, hampir semuanya menjawab dengan mantap. FK! (walau ternyata ga ada satupun anak 3 yang masuk FK UI lewat SIMAK).

Aaaaarrrgghhh. Ada apa sih dengan FK?!!

Hmm, kawan. Hari ini saya kembali menerima 'keberhasilan yang tertunda' saya yang kedua. Abis gagal di SIMAK, saya ikut UM UGM, tetap dengan tekad awal bahwa saya harus masuk ke FK. Tapi ternyata Allah berkehendak lain (dan saya yakin ini yang terbaik). Saya kembali gagal. Baru jam sepuluh tadi saya baca pengumuman bahwa peserta dengan nomor 1900600312 tidak lolos seleksi. Awalnya, semua semangat di dalam diri ini luluh kaya kotoran di baju kotor yang dicuci pake rinso. Semua usaha seperti terasa sia-sia. Sempat terlintas pikiran2 kotor macam :
1. Buat apa saya jauh2 ke cirebon buat verifikasi??
2. Buat apa saya jauh2 ke cimahi buat beli buku persiapan UM??
3. Buat apa saya jauh2 ke cirebon (lagi), panas2an, n keringetan buat tes yang saya gagal.
4. Ini sih gara2 pengawasnya berisik pas lagi tes, jadi ga konsen..
5. dan lain2...
Tapi untung aja ga sempet terlintas pikiran 'Buat apa saya berdoa kalo tetep ga lulus?'. Pikiran saya masih normal, lur. Haha..

Satu jam kemudian, setelah melakukan berbagai meditasi, pencak silat, karate, sit up, dan berbagai macam bentuk penenangan diri lainnya, saya sadar lagi, bahwa ini gara2 saya sendiri. Huftt, ga usah dibahas lagi ah. Baca postingan sebelumnya aja...

Intinya, saya kembali mendapatkan semangat baru. Semangat yang lebih deras dari aliran Cikapundung atau Cimanuk (hahaha! inget kuningan..). Semangat yang lebih besar daripada semangatnya patung kuda di pusat kota kuningan (kota itu bner2 ngangenin..). Semangat yang lebih tinggi dibandingin pesawat Air Asia. Semangat yang lebih hebat daripada sebelumnya...

Inilah azzam saya. Akhir semester ini saya akan memakai jaket kuning dengan logo kalamakara berwarna hijau. Saya akan berjuang sekuat tenaga, SEKUAT TENAGA di UMB juni nanti. Saya akan menjadi salah satu dari 7 persen anak yang masuk ke UI lewat UMB. Insya Allah, saya percaya bahwa jika itu memang yang terbaik, maka Allah akan memberikannya. Saya yakin bahwa Allah saat ini lagi ngeliat saya ngetik postingan ini, lalu mencatat tekad saya. Saya bertawakkal kepada-Nya. Karena itu, ya Allah, bimbinglah saya...

Saya jadi inget kisahnya Thomas Alva Edison. Dia kan nyiptain lampu ga langsung jadi, tapi butuh proses. Katanya dia beribu kali melakukan percobaan, dan gagal. Kawan, jangan putus asa gara2 gagal sekali, dua kali, tiga, empat, atau bahkan 3000 kali, karena Allah udah nyiapin sebuah rencana, entah itu akan menguji kita kembali, atau malah akan sangan tak terduga membahagiakan kita. Seperti di surat At-Talaq, Allah akan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka2 kepada orang yang sabar. Oh iya, kata SAM (nanti saya buka tabir siapa dia sesungguhnya), kesulitan hidup itu kaya bungkus kado dan kado itu adalah kemudahan. Jika kita ga bisa buka bungkus itu, mana mungkin kita bisa liat kado di dalemnya? Perlu direnungkan nih...

Nah, kalo saya down lagi nanti, saya mau baca lagi tulisan ini. Saya ingin memancangkan tiang tekad sebesar tekad Bilal bin Rabbah waktu disiksa sama kaum kafir Quraisy. Insya Allah.

Buat para calon mahasiswa FK, ayo kita lurusin niat kita buat membantu sesama kalo udah jadi dokter.

AUF GEHT, RAMADHAN YOANN!!!

wallahualam bish shawab...
Assalamu'alaikum...


2 komentar:

Amarizni mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Amarizni mengatakan...

Wah, subhanallah dengan postingannya mengingatkan saya untuk gak pernah menyerah.

Iya, saya yakin kmu bisa masuk UI!InsyaAllah.


oia...boleh gak saya tebak siapa SAM?seorang anak FK bukan?

salam perjuangan,kawan!